Rabu, 28 September 2011

My Begin Story ..     
     Sebuah cerita kecil di kampus nan hutan belantara yang kaya akan laboratorium. Aku mengawali hidup beranjak dewasa dikampus ini. Kampus itu adalah Institut Pertanian Bogor. Kampus dengan penuh kesenangan, keceriaan maupun kesedihan karna jauh dari sanak famili. Tempat tercampurnya orang-orang adri berbagai jenis daerah di seluruh Indonesia, hingga luar Indonesia pun ada disini. banyaknya ragam budaya yang kutemui disini. Namun sebuah pengalaman telah mengajariku tentang begitu sangat pentingnya perbedaan antar manusia dan kemandirian hidup. Dikampus yang dikenal dengan hutannya yang rindang, aku diajarkan tentang kemandirian, tanggung jawab, disiplin mananjemen waktu, dan ketaatan akan segala peraturan yang berlaku pastinya. Awal dikampus ini, pendidikan yang diajarkan adalah sistem TPB, atau yang dikenal Tingkat Persiapan Bersama. Namun dari kita mahasiswa nya sering menyebut Tingkat Pembantaian Bersama, karena memang fenomena seperti itu yang kita alami. Disekian banyaknya tugas-tugas diawal kuliah TPB, hingga Praktikum dengan laporannya, juga Olahraga yang sering memakan lelahnya fisik untuk dijalani. Tapi dari itu semua, ternyata banyak sekali kenangan yang terukir. Dari seringnya tugas mampu mempererat tali silaturahmi kita. Kegiatan olahraga pun mampu membuat kita kompak hingga yang paling banyak membuat kenangan adalah disaat kegiatan senam aerobik tersebut. Disitu kita dilatih untuk kompak dalam gerakan. Dan alhasil, bukan hanya gerakan yang kompak, namun kompak nya suatu persahabatan secara tidak langsung telah hadir dalam hidup pada masing-masing diri kita. Aku bersyukur telah diperijinkan masuk di kampus ini. Tidak semua orang seumuranku yang dapat mengenyam pendidikan tinggi apalagi di sebuah Institut Negeri.
    Selang aku meninggalkan TPB, akhirnya jurusan menunggu untuk ku tandangi. Dengan kata lain, aku sudah mulai masuk pada jurusanku sekarang. Tak disangka, begitu makin beratnya tugas-tugas yang harus aku tempuh. Begitu banyaknya Praktikum yang aku harus jalani setiap minggunya. Laporan demi laporan juga harus ku tangani. Dan banyak lagi kegiatan diluar yang harus dijalani. Alhamdulillah, masih harus kujalani ini semua dengan senang hati walau terasa lelah dijalani, tapi aku tahu Allah pasti maha pemberi jalan terbaik bagi hamba-Nya yang dengan senang hati menjalani.

Sekian ceritaku hari ini, masih banyak yang belum aku bagi, tunggu dihari selanjutnya :)

Inilah sepucuk foto bersama teman-teman IPB saat TPB @Welcome Party :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar